Sejarah Terbentuknya Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI)

Posted by

Sepak bola adalah salah satu olahraga favorit yang paling di gemari di dunia, termasuk indonesia.
Semakin hari semakin banyak aja fans sepak bola di indonesia.Bagi mereka olah raga yang satu ini bak udara yang setiap detik d hirup.
sejarah sepakbola nusantara,sejarah PSSI,terbentuknya PSSI,sejarah sepakbola Indonesia,kilas balik sepakbola nusantara

Di Indonesia sepak bola mulai lahir sejak tahun 1914.Waktu itu bangsa Indonesia masih terjajah oleh Hindia Belanda.Pada waktu itu kompetisi antar kota di jawa baru mulai di selenggarakan.Adapun Team yang terkuat hanya ada 2 , yaitu Soerabaja City & Batavia City.
Indonesia mempunyai suatu wadah yang mengawasi semua kegiatan sepak bola di indonesia yaitu yang bernama PSSI ( Persatuan Sepak Bola Indonesia ) yang di resmikan pada 19 APRIL 1930 di Yogyakarta.Yang di ketuai oleh Soeratin Sosrosoegondo.

Sedikit kita kilas balik sebelum tahun 1970-an sepak bola Indonesia mampu berbicara di kancah internasional.Adapun di dalam negeri PSSI juga membentuk penyelenggaraan berbagai macam kompetisi, antara lain Divisi Utama, Divisi Satu, Divisi Dua, dan LSI untuk menampung pemain non amatir.Adapun untuk pemain yang masih amatir adalah Divisi Tiga.
Tidak hanya itu, sepak bola wanita dan sepak bola kelompok umur tertentu juga tak luput dari pantauan PSSI untuk di kembangkan.

Rakyat Indonesia terus dan masih setia menunggu prestasi Indonesia di kancah internasional, apalagi kalau sampai masuk putaran final Piala Dunia.
Sementara itu masih banyak masalah internal dalam negeri Indonesia yang harus di benahi, baik di dalam organisasi PSSI itu sendiri maupun konflik antar suporter dari klub-klub yang masih saja menemukan jalan buntu untuk mencapai perdamaian.

baru mulai diSebagaimana di banyak negara di seluruh dunia, di Indonesia sepak bola juga menjadi jenis olahraga yang sangat digemari. Pencinta sepak bola di negeri ini tak terhitung jumlahnya.
Layaknya pencinta sepak bola di mana pun, penggila sepak bola di Indonesia pun sebagian besar sedemikian fanatik terhadap klub yang menjadi favorit mereka, baik klub dalam negeri maupun luar negeri. Bagi mereka, sepak bola seolah telah menjadi bagian dari panas kehidupan yang senantiasa mereka hirup.
Kapan sejatinya olahraga ini masuk ke Indonesia dan bagaimana bisa berkembang menjadi seperti sekarang ini? Sejarah sepak bola Indonesia dimulai sekitar tahun 1914. Ketika itu, Indonesia masih berada dalam kekuasaan penjajah, yaitu pemerintah Hindia Belanda. Pada waktu itu, mulai diselenggarakan kompetisi antar kota di Jawa. Ada dua tim yang mendominasi kejuaraan ini, yaitu Batavia City dan Soerabaja City.
Terbentuknya PSSI (Persatuan Sepak Bola seluruh Indonesia) menjadi awal bergulirnya sejarah sepak bola modern di Indonesia. PSSI terbentuk pada tanggal 19 April 1930 di Yogyakarta.
Soeratin Sosrosoegondo terpilih sebagai ketua. Lahir di zaman penjajahan membuat organisasi olahraga ini tidak dapat dilepaskan dari kegiatan politik melawan bangsa penjajah. Faktanya, selain mengorganisasi segala hal terkait sepak bola, PSSI juga diberdayakan guna menabur dan menyuburkan benih-benih nasionalisme dalam jiwa setiap para pemuda Indonesia.
Pada era sebelum tahun 1970-an, sejumlah pesepak bola Indonesia sempat berlaga dalam ajang kompetisi tingkat internasional. Seiring dengan perjalanan waktu, PSSI pun memperluas kompetisi sepak bola dalam negeri, antara lain dengan penyelenggaraan berbagai ajang kompetisi untuk pemain non amatir (Divisi Utama, Divisi Satu, Divisi Dua, dan Liga Super Indonesia) dan untuk pemain amatir (Divisi Tiga).
PSSI juga aktif mengembangkan kompetisi sepak bola dalam kelompok umur tertentu dan sepak bola wanita.
Sayangnya, sampai hingga saat ini sepak bola di Indonesia belum berhasil mencapai perkembangan yang menggembirakan. Prestasi yang berhail diraih di ajang kompetisi internasional masih jauh dari memuaskan.
Sementara itu, di ajang kompitisi dalam negeri pun banyak diwarnai oleh berbagai perselisihan, baik dalam tataran organisasi PSSI maupun konflik horizontal antar suporter dari klub yang berbeda.
- See more at: http://analisabola.com/2012/11/sejarah-sepak-bola-indonesia/#sthash.SC5vOj9S.dpuf


Blog, Updated at: 8/01/2013 04:01:00 PM