Semangat Indonesia di Piala Dunia Prancis 1938 Bersama TIM NIVU

Posted by

Halo sobat penggemar sepak bola semuanya. Low berbicara piala dunia pasti deh pada semangat kan, tapi kali ini kami akan coba mengajak kamu melihat info seputar sepakbola, piala dunia yang di laksanakan tahun 1938.

Jadi dulu itu masih memakai nama Belanda, yaitu Dutch East Indies adalah yang lolos kualifikasi peserta piala dunia pertama yang berasal dari grup negara Asia / zona Asia. Tapi sayang nih broo, karena “politik NIVU”, maka pemain-pemain terbaik Indonesia batal berlaga di arena itu, seperti kiper PSIM, Maladi. Menurut situs 

Sumpah Palapa tentunya, yang waktu itu di bawah kepemimpinan pelatih berkarakter Johannes Mastenbroek, yaitu orang yang sama dengan yang menjadi ketua NIVU, 18 para pemain yang berangkat ke negara indah Paris, karena Paris sebagai tuan rumah Piala Dunia 1938.

tim piala dunia,semangat pemain indonesia,kualifikasi piala dunia 1938,ajang piala dunia,zona asia,zona amerika,benua eropa

Mereka adalah Sutan Anwar, F.G. Hu Kon (Hukon), Frans Alfred Meeng, Achmad Nawir, Isaak “Tjaak” Pattiwael, J. Samuels, S. Soedarmadji, M.J.H. Taihuttu, Tan Hong Djien, Tan “bing” Mo Heng, dan Hendrikus V. “Henk” Zomers. Sedang cadangannya : Dorst, G.H.V.L. Faulhaber, J.Harting, Tan See Han, Teihelber, R. Telwe, dan G. van den Burgh.

Ada dua perubahan nama yang terjadi. Jika dalam beberapa literatur disebutkan bahwa Kolle dan Van Beusekom terdapat dalam daftar tim, sebenarnya yang ada adalah Samuels dan Teilherber.

Dutch East Indies membuat perubahan itu namun tidak mencantumkan nama pemain yang baru sehingga dari sekian banyak catatan yang masih tercantum adalh Kolle dan Van Beusekom. Gitu broo… ehehehe…

Nah broo,, pada Piala Dunia 1938, Nederlandsche Indische National Elftal langsung berlaga pada perdelapan final. Mereka menghadapi Hongaria di Stade Velodrome Municipal di Reims pada 5 Juni 1938. Kick off 17.00 waktu lokal. Yang bertugas sebagai wasit adalah Roger Conrie (Prancis), di bantu dua hakim garis : Carl Weingaertner (jerman) dan Charles Adolphe Delasalle (Prancis).

tim piala dunia,semangat pemain indonesia,kualifikasi piala dunia 1938,ajang piala dunia,piala dunia prancis,zona eropa

Sementara 11 pemain inti Dutch East Indies yang diturunkan adalah kiper: Tan Mo Heng; bek: Hu Kon dan Samuels; gelandang: Nawir (kapten), Meng dan Anwar; sisanya berperan sebagai penyerang: Tan Hong Djien, Soedarmadji, Zomers, Pattiwael, dan Taihuttu.

Penampilan satu-satunya di Piala Dunia hingga saat ini diakhiri dengan hasil kekalahan telak 0-6 (hiks hiks hiks... ), seakan lagu sedih mewarnai pertandingan kala itu, yang disaksikan oleh sekitar 8.000 penonton yang memadati satdion pada waktu itu.

Gimana infonya broo.. semoga bisa menambah wawasan kita semuanya. Terima kasih sudah mau mampir di artikel yang masih banyak kurangnya ini (hihihihi…).


Blog, Updated at: 10/24/2014 01:46:00 PM